Pages

NO EXCUSE

Senin, 26 Desember 2011

Life is Great!


Ketika kecil dulu aku sering bertanya-tanya dalam hatiku, jika Tuhan maha adil, mengapa ada kaya dan miskin? Mengapa ada orang yang bekerja membanting tulang tapi tetap miskin? Mengapa ada orang kaya yang hidupnya berantakan? Mengapa demi mengapa lainnya berkejaran di pikiranku. Aku mencari-cari letak keadilan Tuhan itu. Namun, saat itu aku tak menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaanku itu.

Beruntunglah, aku dibesarkan dengan kedua orangtua, yang meskipun mereka tak lulusan sekolah tinggi. Tapi mamak mendidikku dengan cara yang elegan, meski ia tak pernah memaksaku membaca buku, meski di rumah kami juga tak ada banyak buku. Tapi, mamak selalu meluangkan waktunya untuk bercerita kepadaku. Aku paling suka mendengar cerita-cerita mamak. Bagiku cerita-cerita itu lebih indah dari cerita dongeng manapun. Mamak memang tidak pernah menceritakan dongeng-dongeng, beliau hanya menceritakan kenangan-kenangan masa kecil, remaja, bahkan cerita ketika bertemu dengan ayahku pertama kali. :D

Ayah, lelaki dengan wajah kukuh ini selalu membawa buku-buku tebal yang entah ia dapat darimana. Buku-buku itu sengaja digeletak di sembarang tempat (meja makan rumah kami), belakangan aku baru mengerti mengapa ayah selalu menaruh buku di meja makan. Ternyata ia ingin aku meliat buku seperti melihat makanan. Ada-ada saja ayahku itu.

Dan, beruntung memang, meski belum bisa dikatakan sebagai penggila buku, tapi aku terus memaksa diriku untuk membaca setiap hari. Sampai akhirnya aku menemukan sebuah buku, MANAGE YOUR MIND FOR SUCCESS, dari buku ini aku menemukan jawaban dari pertanyaan masa kecilku itu. Ternyata bukan Tuhan yang tidak adil, tetapi dalam diri manusia itulah telah tertimbun sebuah mindset yang salah, mitos-mitos yang menjadi rujukan hidup.

Terbukti, aku sering mendengar melalui peuturan kawan-kawanku sendiri, bahwa kesuksesan dan kemiskianan disebabkan oleh mitos-mitos yang mereka yakini sendiri. Bahkan sebelum membaca buku itu, baru aku menyadari ternyata mindsetku juga tak begitu jauh dari pola pikir yang menyesatkan dan memenjarakan mental itu.

Ungkapan seperti,saya ingin sukses, tapi... Nah, setiap orang ingin sukses, hanya saja kata "TAPI" itulah yang mengukung keberhasilan kita.
Mitos-mitos "tapi" itu adalah:
1. Keturunan
2. Pendidikan
3. Hoki
4. Nasib
5. Zodiak
6. Jenis Kelamin
7. Sukses hanya untuk orang tertentu
8. Hari lahir
9. Usia
10. Tidak punya modal
11. Kesehatan.

Mitos-mitos inilah yang mengukung keberhasilan kita. Maka, mengambil istilah suami Asma Nadia,  NO EXCUSE.

1 komentar:

  1. Unknown mengatakan...:

    Saya juga pernah baca buku itu.

Posting Komentar

 
Sang Penandai © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting